Selasa, 09 Juni 2009

BAGAIMANA MENANGKAP PELUANG?

Oleh: Siti Nurhayati
NIM 06104241012

A. Hakikat Dari Kesuksesan
Salah satu kelemahan kita yang besar adalah terlalu sering mendenganr kata ”tidak mungkin”. Apa yang kita ketahui hanya peluang-peluang yang selalu tidak dapat ditangkapnya, atau prasangka bahwa hal-hal lain tidak dapat dilakukan selalu bersama kita setiap hari.
Sukses hanya akan terjadi bagi mereka yang ingin sukses dan berusaha sekuat daya untuk mereaihnya. Peluang atau kesempatan hanya bias ditangkap oleh mereka yang sungguh-sungguh ingin menangkapnya. Sukses adalah kesempatan untuk terus memperbaiki pengembangan diri, jalan hidup, kondisi psikologis, kekuatan fisik, ilmu pengetahuan dan kekayaan menuju kebahagiaan sendiri dan orang lain.
Jalan menuju sukses selalu dalam proses pembangunan, terus diperluas dan tidak pernah berhenti. Semua pencapaian kesuksesan dan pemanfaatan peluang dating dari sebuah gagasan yang terus dikembangkan hingga Anda cukup memiliki kesempatan dan daya dorong yang kuat untuk meraihnya.
Menangkap peluang memiliki arti memanfaatkan atau mendayagunakan secara kreatif kesempatan yang ada di depan mata, baik itu berbentuk barang, waktu, pekerjaan atau apa saja yang bisa menjadi sarana menuju ksuksesan. Peluang akan selalu bersama Anda selama Anda mau berusaha menciptakan dan menangkapnya. Namun peluang mungkin akan datang pada mereka yang hanya menunggu. Yang penting adalah berusaha dan bekerja dengan mekanisme usaha yang dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan sehingga apa yang Anda kerjakan menjadi semakin terarah dan mampu mencapai target yang dikehendaki.

B. Kiat-Kiat untuk Menangkap Peluang dan Sukses dalam Mengembangkan Usaha
Ada tujuh mekanisme kerja yang utama dalam menangkap peluang dan sukses mengembangkan usaha, yaitu:
1. Menentukan Target Hidup Anda.
Tentukan target Anda. Tanpa target, Anda tidak akan mencapai sukses karena Anda tidak akan tahu ke mana Anda akan melangkah dan Anda tidak akan memiliki daya dorong diri untuk menjalankan langkah berikutnya. Dengan target-target yang cukup menantang, dapat diperhitungkan secara sistematis dan ada standar atau patokan waktu, maka Anda harus optimis bahwa peluang-peluang itu akan mendatangkan sukses. Kata kuncinya adalah: Semangat!

2. Menyusun Rencana Hidup Anda.
Anda harus memiliki tujuan hidup yang pasti agar tahu ke mana Anda harus melangkah. Tanpa rencana hidup, Anda hanya akan berputar-putar hingga menghabiskan energi. Perencanaan akan membuat hidup lebih tenang, mantap, dan senantiasa siap menghadapi hal-hal yang tiba-tiba muncul secara tak terduga. Atur dan susunlah rencana hidup Anda, dengan demikian langkah yang akan diambil pun menjadi terencana.

3. Mengembangkan kekuatan atau Potensi Diri secara Kontinyu.
Jangan pernah menyia-nyiakan bakat dan potensi Anda, dan jangan merasa takut atau berpikiran negative bahwa bakat Anda tidak pantas untuk dikembangkan. Anda pun jangan merasa tidak percaya diri untuk berbeda dengan bakat dan kemampuan orang lain. Anda tetaplah Anda, dan akan menjadi terbaik jika Anda tetap menjadi diri Anda sendiri. Jadi, tetaplah mengembangkan bakat dan potensi yang Anda miliki.

4. Mulailah Bekerja Keras dan Berjuang untuk Melaksanakan Target, Rencana, dan Bakat serta Kemampuan.
Tanpa kemauan dan keberanian untuk memulai sekarang juga, tidak banyak berguna apa yang telah anda susun dan rencanakan. Karena mereka yang telah memulai adalah mereka yang telah menyelesaikan separuh pekerjaannya, sehingga tinggal separuh lagi untuk diselesaikan. Kuncinya adalah tidak malas untuk memulai, dan memulai lagi saat menemui kegagalan. Kuncinya adalah: kerjakan sekarang juga!

5. Memahami Tugas dan Tanggung Jawab.
Sebagai seorang manusia, setiap orang memiliki tugas dan tanggung jawab, baik itu kaitannya dengan nilai-nilai social maupun dengan nilai-nilai religi dan aspek-aspek kehidupan yang lain demi kesejahteraan dan kebahagiaan hidup. Dengan memahami tugas yang menjadi kewajiban, niscaya peluang-peluang besar menanti Anda.

6. Menjalin Jaringan Kerja Seluas Mungkin.
Orang sukses di dunia adalah mereka yang selalu menyambung tali silaturahmi, membangun jaringan, relasi dan kerja sama yang baik dan saling menguntungkan. Dengan mempunyai banyak teman, siapa tahu Anda memiliki peluang yang besar untuk menjadi orang sukses, karena ternyata teman Andalah yang mendatangkan peluang itu bagi Anda.

7. Menata Kepribadian secara Seimbang.
Menata kepribadian baik dalam sikap dan perilaku, cara berpikir, dalam mengatur keuangan, rumah tangga, kesehatan, pendidikan, mental, etikan, maupun social. Dengan kepribadian yang baik dan seimbang, akan banyak peluang-peluang yang menanti Anda.







Sumber Buku: 7 Langkah Menuju Sukses. Bebas Waktu & Bebas Finansial oleh Gustaf As. Rynt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Seribu satu cerita, Yogyakarta, Indonesia
kita hanyalah sekelompok orang biasa yang selalu berusaha untuk menjadi yang luar biasa...