Selasa, 16 Juni 2009

PEMBAGIAN KARIR BERDASARKAN KATEGORI USIA

Oleh: Isna Busyrah Hanun
NIM : 06104241010

Berdasarkan kategori usia, karir dapat dibagi menjadi:
1. Karir untuk usia muda
Normalnya puncak produktivitas manusia saat terjadi saat seseorang berusia antara 20 hingga 40 tahun. Itu sebabnya kebanyakan lowongan kerja memberi batasan usia bagi calon pelamarnya.
Rata-rata orang menyelesaikan pendidikan sekolah menengah umum pada usia kurang lebih 19 tahun. Apabila melanjutkan S1, maka saat lulus sebagai sarjana kurang lebih 24 tahun. Maka kalau ada lowongan kerja mensyaratkan calon sarjana dan berusia tidak lebih dari 25 tahun , dapat disimpulkan bahwa pwmasang iklan mencari seorang fresh graduate yang baru lulus.
Usia muda identik dengan semangat dan energi maksimal. Jika harus memilih diantara dua calon yang sama kualitas keilmuan dan kemampuannya, maka usia muncul sebagai faktor penentu, siapa yang lebih muda, biasanya dia berpeluang memenangkan persaingan.
Bertambahnya usia pun mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh. Penyakit mulai menyerang saat seseorang beranjak menua. Bagi banyak perusahaan masalah ini perlu dipertimbangkan secara serius. Jangan sampai keluar uang banyak untuk membiayai pengobatan tenaga kerja yang sakit-sakitan serta semakin hari semakin berkurang produktivitasnya.

2. Karir untuk usia matang
Untuk posisi penting mensyaratkan pengalaman, batas usia yang digariskan perusahaan pun dengan sendirinya lebih tinggi. Jarang, namun ada saja pemasang iklan yang mencari seorang calon direktur atau manajer senior dengan mensyaratkan pengalaman 10 tahun di bidangnya. Andaikata demikian, maka calon pelamar diharapkan adalah yang berusia diatas 30 tahun.
Usia matang tidak identik dengan tua, dan sebaliknya tua juga tidak selalu berarti matang. Semua orang menjadi tua secara alamiah. Apabila ada peluang karir untuk berusia ”tua” itu mesti ditafsirkan bahwa calon yang dikehendaki adalah orang yang berpengalaman bukan orang tua dalam makna naif.

Daftar pustaka:
Charlie, Lie. 2005. Kiat Sukses Memilih Karir. Yogyakarta: NEXX MEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Seribu satu cerita, Yogyakarta, Indonesia
kita hanyalah sekelompok orang biasa yang selalu berusaha untuk menjadi yang luar biasa...